Wednesday, September 1, 2010

Labels: ,

Katanya, perhiasan identik dengan perempuan dan perempuan selalu ingin terlihat cantik dan menawan. Karena itu, bisnis perhiasan selalu memiliki peluang untuk berkembang. Seiring dengan kondisi ekonomi Indonesia yang mulai membaik dan berkembang maka peluang usaha perhiasan lokal semakin menggiurkan untuk dapat meraup untung besar dan cepat break even (BEP).

Keyakinan semacam itulah yang mendorong Alamuddin (43) bertahan menggeluti bisnis perhiasan mutiara lombok sejak tahun 1994. Bersama istrinya, Sukaiah (41), Alamuddin menciptakan desain-desain perhiasan berbahan mutiara yang dibudidayakan di daerah Sekotong, Nusa Tenggara Barat. Alamuddin memadukan mutiara dengan emas putih dan berlian tabor. Emas putih dipilih karena warnanya yang netral sehingga tidak memudarkan kilau mutiara.

Ia membuat perhiasan mutiara dipadu dengan ukiran batu koral yang diukir bermotif bunga. Batu koral itu berwarna-warni sehingga lebih mempercantik desain perhiasan mutiara buatan Alamuddin. Menurut pria asal kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah, itu, desain dengan bunga koral tersebut adalah desain terbarunya.

”Mengandalkan keindahan mutiara saja (untuk menarik pembeli) sudah tidak mungkin dilakukan karena begitu banyak orang berbisnis mutiara. Ujung tombaknya adalah melakukan branding agar berbeda dari kompetitor lain serta desain yang kreatif dan inovatif,” kata Alamuddin. Begitu memperkenalkan branding dan corporate identity ini, banyak pembeli berdatangan.

Sebelumnya, ia hanya berkutat dan fokus dengan desain-desain seperti kebanyakan perajin mutiara lain di Lombok. Saat ini Alamuddin bekerja sama dengan perajin mutiara yang ada di Lombok untuk mengerjakan desain pesanannya yang datang berlimpah ruah karena kini ia mampu membedakan diri secara mencolok dengan para perajin lain lewat program branding dan corporate identitynya meskinpun masih dalam skala kecil-kecilan.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Peluang Usaha Perhiasan Lokal

0 Responses to Peluang Usaha Perhiasan Lokal Kian Menggiurkan: