Wednesday, September 1, 2010

Labels: ,

Ternyata Odol bukan yang pertama sebagai merek yang memproduksi secara massal pasta gigi. Pasta Gigi pertama yang diproduksi massal lahir hampir 90 tahun sebelum merek Odol dibuat. Pasta gigi adalah sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi, biasanya dengan sikat gigi. Di Indonesia, pasta gigi sering juga disebut Odol. Walaupun merek ini sudah berpuluh-puluh tahun tidak lagi dijual di Indonesia, nama Odol telah menjadi nama generik.

Dari kisah odol ini, kita dapat mempelajari bagaimana pentingnya membangun merek, memenangkan hati konsumen, menempatkan brand dibenak pelanggan hingga mendesain logo yang baik dan indah supaya kita dapat memenangkan persaingan merebut pangsa pasar secara meyakinkan.

Pasta gigi Odol ini adalah salah satu kisah sukses branding di Indonesia dimana merek atau brand dari pasta gigi ini telah masuk kedalam bentuk baku bahasa indonesia tetapi akankah kesuksesan dari odol ini bisa diikuti oleh merek lain seperti pepsodent, close-up, colgate, enzim mengingat odol sudah lama sekali hengkang dari pasar indonesia?

Sejarah Pasta Gigi
Sejarah pasta gigi dimulai sejak 5000 tahun yang lalu lewat peradaban Mesir Kuno. Ketika itu masyarakat Mesir Kuno membuatnya dengan bahan terbuat dari campuran kuku lembu jantan yang dihancurkan, tepung, batu apung dan debu dari cangkang telur yang telah dibakar. Saat itu sikat gigi juga belum ditemukan, jadi membersihkan gigi pun dengan menggunakan jari-jari tangan. Sementara menurut naskah kuno dari Persia, sekitar 1000 tahun lalu masyarakat mulai menambahkan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan untuk membuat pasta gigi bubuk.

Mengapa Bisa Sukses Seperti Ini? Bagaimana Cara Menirunya?

0 Responses to Kisah Branding Yang Sukses Dari Merek Menjadi Kosakata: