Thursday, January 6, 2011

Labels: ,

Interbrand telah mengumumkan peringkat tahunan yang ke 11 tentang “Best Global Brands” atau merek brand global dari seluruh dunia. Secara umum IBM, Microsoft dan Google masih memimpin peringkat tahunan ke 11 kali ini. Google yang duduk diperingkat ke 4 mengalami peningkatkan sebesar 36% dari tahun lalu dan semakin mendekati Microsoft yang berada pada peringkat ke 3.

Hewlett Packard untuk pertama kalinya dalam sejarah berhasil masuk merek branding diperingkat ke 10 setelah berhasil dengan model bisnis baru dan program brandingnya yang sering memainkan logonya dengan sempurna. Salah satu brand yang bisa dibilang paling berhasil adalah Coca-Cola yang dengan logo yang elehan berhasil untuk bertahan pada peringkat pertama selama sebelas tahun berturut-turut.

Interbrand adalah konsultan branding yang terkemuka didunia dan selalu menerbitkan 100 merek top dunia dengan metodologi yang unik dan menganalisa brand serta manfaatnya bagi perusahaan. Penilaian ini meliputi beberapa hal yaitu: Kontribusi logo pada penjualan, kinerja keuangan perusahaan, peran logo dalam proses pengambilan keputusan pembelian pelanggan, kekuatan brand untuk mengamankan pendapatan masa depan dan kemampuan perusahaan untuk menarik tenaga kerja yang profesional dan handal pada bidangnya.

Sejumlah merek mengalami krisis tiada tara pada tahun 2010 yang mengakibatkan terhentinya pendapatan dan pertumbuhan seperti kasus BP (Bristish Petroleum) yang peringkatnya jatuh keluar dari 100 besar karena gagalnya perusahaan memenuhi janji slogan pada logonya yaitu “Beyond Petroleum”. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Shell untuk naik keperingkat 81 sebagai pemimpin dalam industri perminyakan.

Produsen mobil Toyota dengan logo yang menggambarkan roda dan bola dunia kehilangan 16 persen dari nilai mereknya karena banyaknya produk cacat yang ditarik kembali. Goldma Sachs yang menduduki peringkat ke 37 mengalami penurunan karena rakyat amerika menyalahkan perusahaan tersebut akibat krisis ekonomi dan laba perusahaan yang justru meningkat tajam ketika terjadi krisis.

Bidang teknologi tiada henti memimpin kepemimpinan merek global seperti IMB, Microsoft, Google, Intel dan HP. Sementara produsen iPad, Apple masih tertinggal diperingkat ke 17 masih dengan metoda mengandalkan word of mouth dan buzz diinternet dengan segudang penggemar fanatiknya. HP adalah salah satu perusahaan yang secara spektakuler dan cerdas berhasil memperluas portfolio produknya. Blackberry sebagai pelopor smartphone yang paling populer ternyata berhasil menduduki peringkat ke 54 dan keluar dari tekanan yang diberikan Apple pada merek ini.

Daftar Lengkap Brand Logo Terbaik Dunia 2010 Versi Interbrand

0 Responses to Brand Logo Terbaik Dunia 2010 Versi Interbrand: